Skip to main content

iDu

iDu

  • iDu
  • Mata kuliah
  • Tentang
  • Bantuan
English ‎(en)‎
Bahasa Indonesia ‎(id)‎ English ‎(en)‎
Log in

    iLearning eDucation

    Skip [Cocoon] FAQs
    [Cocoon] FAQs

    Umum

    1. Bagaimana cara login dalam iDu?

    Penjelasan

    Login dalam iDu dapat menggunakan username dan password yang telah admin berikan ketika kalian sudah merequest untuk dibuatkan akun, dan bisa juga dengan cara SSO namun harus diperhatikan bahwa perangkat yg kalian gunakan terdapat email Rinfo yang sudah aktif.

    2. Bagaimana jika Dosen / Mahasiswa lupa password?

    Penjelasan

    Pada halaman login terdapat tautan lupa kata sandi

    cQF5cDMx6dt4tfuGbOk2UuDBvNhWYYcgJAIuU_pEio9ctQPpyKOoR1Mnwx2Qp8GD_wsBq01HxwQZybCL1DtdXfBGkpHWDl59rIGl8w6_uoykRNZGRNWljRbRX6Ab2piHRkunTrUo=s0

    Mahasiswa / Dosen akan diminta untuk memasukan username / email yang kalian gunakan sebelumnya dan email pun akan masuk yang berjudul permintaan reset kata sandi.

    3. Bagaimana cara Mahasiswa / Dosen mengganti password saat ini?

    Penjelasan

    V0SLdl9RaOx8dyOUoI2QbA6QQErJjJHs2_z0a_b50l_dbw8e8qX8N_XwnzrcHD5Pkf19FuCH8wOF46bQzF9rvoGKEBCcq0s4w4pHNYznUjzOXdIuTKjkGHjwsHS9reRUna7fB1Uw=s0
    Pada halaman Dashboard awal di sub-menu bagian kiri pilih bagian Preferensi > Ubah kata sandi lalu masukan kata sandi yang saat ini digunakan

    4. Bagaimana cara Mahasiswa / Dosen mengganti foto profil?

    Penjelasan

    JhqnPvUyvihLVV_Bp9HJ-zZwcJaP_WoYLowA9wQeAVFqMwaIXo46-invi_dCeRpTjovvzWsqoEGql4Y9VVyR8V338Z9802ueGiH9wztIJ6t5hX-26eHY7rjOILuSRAzEl5t-jBQ_=s0
    Pada halaman Dashboard awal di sub-menu bagian kiri pilih bagian Preferensi > Edit Profil > lalu scroll hingga bagian Foto pengguna > klik pada selection square untuk mengupload foto yang dijadikan sebagai profile picture dari akun iDu

    VQ9Z7IM2InqfPHOZdTyVov5bsG5exfd6FtWydbkGMh1QdzH3UyXyeUvbyK9XHAbHPuZybccFfphalcVm29TE01W8_OZSv-V1HtCya1INo0-90Pd7FV_dntqNQckFnqGI72RJvzeD=s0

    5. Bagaimana cara Mahasiswa / Dosen dapat melihat pesan pribadi?

    Penjelasan

    X7KJYikbqZpwtlRoyXE70nXsP61FllwrhlU7CFe1XnJkc2h6rBoReErR8inoCqqxmzcEW9IL-RmGfoAYwoRhIJ1Fp90tq5MeCcfEg0FIONJYSdnb39XnuAjXS8QNksU35tEquDgO=s0
    Pada halaman Dashboard awal di sub-menu bagian kiri pilih bagian Pesan - Pesan jika terdapat pesan masuk kepada kita makan akan muncul pada kolom tersebut

    6. Apa itu iDu 2.0 ?

    Penjelasan

    iDu merupakan suatu media pembelajaran online yang sangat berperan penting dalam mendukung proses pembelajaran iLearning yang diterapkan oleh Perguruan Tinggi Raharja. Dengan adanya iDu proses perkuliahan dapat dirasakan lebih mudah dan menyenangkan, karena proses perkuliahan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu

    7. Apa keuntungan dalam menggunakan iDu 2.0 ?

    Penjelasan

    Keuntungan menggunakan iDu 2.0 di antaranya, menghemat waktu proses belajar mengajar, untuk menyampaikan pembelajaran iLearning selalu diidentikkan dengan penggunaan internet dan lebih efektif dan efisien karena dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

    8. Apa saja yang harus di persiapkan dalam pendaftaran ?

    Penjelasan

    Hal yang harus di persiapkan dalam pendaftaran yaitu cukup menjadi pribadi Raharja dan memiliki akun Rinfo

    9. Apakah platform iDu 2.0 berbayar ?

    Penjelasan

    Ohh tentu tidak berbayar, iDu 2.0 merupakan fasilita platform pembelajaran iLearning yang disediakan untuk pribadi raharja.

    10. Apakah iDu 2.0 bisa diakses oleh mahasiswa selain dari Universitas Raharja

    Penjelasan

    Tentu bisa, jika ada izin dari pihak Universitas Raharja.

    11. Apa yang Dosen / Mahasiswa harus lakukan jika iDu bermasalah?

    Penjelasan

    Kalian bisa menghubungi via email ke support-idu@raharja.info dan menjelaskan masalah kalian, admin akan memproses permintaan kalian max 3 x 24 jam setelah email terkirim.

    12. Bagaimana Cara Dosen atau Mahasiswa dapat melihat login activity akunnya

    Penjelasan

    Login kedalam iDu 2.0 yang kemudian pencet foto profil pada pojok kanan atas halaman dan klik profil di bawah dashboard

    VaRnG4NJ2Q0P9AelB79CIlOOLFuqbwYQ3wHd_qk4-u3wySW9D_YXn-uVMqQzufKatc2O9YJshx2o1OsKCd1J-uqnhTZTpXkZ-Hwkg5719alzS3gLw33j7rwrjpU2DyXZvZCyEFzX=s0


    Setelah Dosen atau Mahasiswa/i sudah berhasil masuk ke halaman profile akunnya

    Langkah terakhir tinggal memilih  Login Activity tepat berada di bawah reports

    WlVcaGirSTWIMhAHn6lbN-dFNzIhY7xWXE6ttRgGMD8T05Eq5YpWGfM-c6QgeQ4M3aw7tYyDKRJG1V4hpDqGw7YCXbaGhlGqnIlazpz_ziVLgNDvknNnDsn5dUt822IJhIGBeckd=s0



    13. Bagaimana Cara Dosen atau Mahasiswa dapat mengubah siapa saja yang dapat melihat emailnya

    Penjelasan

    Login kedalam iDu 2.0 yang kemudian pencet foto profil pada pojok kanan atas halaman dan klik profil di bawah dashboard

    VaRnG4NJ2Q0P9AelB79CIlOOLFuqbwYQ3wHd_qk4-u3wySW9D_YXn-uVMqQzufKatc2O9YJshx2o1OsKCd1J-uqnhTZTpXkZ-Hwkg5719alzS3gLw33j7rwrjpU2DyXZvZCyEFzX=s0


    Setelah Dosen atau Mahasiswa/i sudah berhasil masuk ke halaman profile akunnya

    Lanjut pilih User details kemudian edit profile

    Cc-YQSfziNm_lo7I5m-g4b4iX-zK5cBxQmvHUEQRigPYggr3n4ylSC0TqGsKYa8F_zIwUFalGKT5-soJgqfxseLD2Z68k35ft1xSU4AGuI3yUWluoGUH548zsANtTQ3kEIh-E2gc=s0

    Langkah terakhir baik Dosen atau Mahasiswa/i tinggal mengatur siapa saja yang dapat melihat emailnya pada Email Display

    OhBI9XsQ8lTFzVRvkaSP2xAykn8TUdueE5x_lDe99FOND_lbAwenGNfrJ-7JZ3ot29HZDXwIWPW-BQUdeatCKiDFmkXqfB9gpYa6RNaiT7eAu-M_aF5g7QQIZRZXx6OlqGHJD060=s0



    14. Bagaimana cara mendapatkan izin dari pribadi raharja untuk mahasiswa luar yang ingin mengikuti pembelajaran di iDu 2.O ?

    Penjelasan

    Kalian bisa mengunjungu website https://raharja.ac.id/ yang berada di bagian footer platform iDu 2.O.
    ErbDcR616i7SFXfQFCiclIeZWzCY_6pLbUK-vx6rmYCFpTIwZvNJoFISyYsbQE-vWtH4HxVfYX_S04CSNoP8iqpRL77Gxx831eV0pFSTZ6nX5m0osHuLRBD1Rb2XnbChnLMyzUJ7=s0
    Saat masuk kedalam website https://raharja.ac.id/ kalian bisa liat bisa menghubungi langsung kepihak pribadi raharja dengan mengklik icon whattsapp pada bagian pojok sebelah kanan.
    MLyTEIB3mAY9vnROdNksLdpn-rUP8iOw7WEi6GDQVwKiiBWDCyUBZBF0sfkfuJmEo1c9ipyr0XEH6mbbg4Zdv0KyqSMzxabdtHHryutSbVYn5eTZYL4bmMrXrqQS2W6QP3DZsOmw=s0
    Atau bisa juga kalian scroll paling bawah, untuk mengetahui informasi selanjutnyaa. Kalian bisa langsung request Note : dengan bahasa yang sopan 



    15. Dalam pembelajaran iLearning ini, apakah mahasiswa bisa berinteraksi dengan mahasiswa lainnya ?

    Penjelasan

    Tentu bisa loh, Anda cukup banyak interaksi antara mahasiswa lain. Beberapa kelas memiliki proyek kelompok. Ada juga forum diskusi online menggunakan milis atau grup Rinfo Rinfo Hangout.



    16. Cara Mengedit Informasi Data Diri di iDu 2.0

    Penjelasan

    sZnPbI55cRXnqDXNInBg4v_v6CDNxvjWkV5vKewd_kA57za3Bjc2Xf_ScKQPyUZdhSDRC1Wq1Eysb4Ra6xVCeCgNo-XfcplCLWCo_texo-9DvOTMyWLfb0VtAcgE6rArtBWB4Kf9=s0

    Pada menu navigasi profile, klik profile, lalu setelah masuk ke halaman profile, klik tombol options yang ada di pojok kiri bawah, di klik, setelah itu pilih edit profile, dan selanjutnya kita akan diarahkan ke menu edit profile.

    0KtGG2CQmN3kndv1_gLMIfltVzhubNs1hbfAsVbE8-gIJIHIyTJDKoyYijlOSkk9W_8zpW37pORFF4-K16dE9iXj8JOkSo4Ygc8cSu0AZqpnMZ8YV47vUYYVKJSyQWQipK8coxMs=s0



    17. Cara menambahkan Entri pada Glosarium iDu 2.0

    Penjelasan

    Nyalakan mode ubah pada course yang Dosen inginkan, pilih pertemuan yang sudah dibuatkan Glosarium  lalu klik gambar atau teks Glosarium 

    h8l44IE0_pDgxYjccJ4LuBq1T7iYp154U1_3YWvrG8Q5A9j9i23asEwq2RWNC1ZoMJTnBHNnfvttLfoXWEbwL0-aakDEcZSJzpBQmfg0MuAWq9oQpAGUwsGkKjCV5VI6Ci10sA4-=s0

    Dosen akan diarahkan untuk menambahkan entri baru yang nantinya akan diisi mulai dari konsep hingga kata kunci

    x4VyUO6gDAwQYTHUSPl-u7OIXYGuClL5cIk01akHS-LYaMbQNBPzAPbs71Ex_uGVhE9hylaBOG8tVjQTE2L_REF4CCeCX1lX2D_12gbN9GATsQsfIYjZdEW8qxB83djTJsKK2zxs=s0 

    Entri baru pun siap ditampilkan dan juga mudah dicari melalui kata kunci seperti gambar berikut ini

    BNIo_3hK4q5Bf79EubAHbbDDA8GrCJejdRLUlAhZBtU0G0nxmdi6AGbgeausnztkjqRqb6G1aO089eOcjCE_5Mwtr_W-UYt_C3C9-QiemrVyP-ljeYfzWCAIUgsmqyrqCl-93oTu=s0



    Skip [Cocoon] FAQs
    [Cocoon] FAQs

    Mahasiswa

    1. Dimana Mahasiswa dapat menemukan kelas?

    Penjelasan

    Kelas yang kalian ikuti dapat dilihat pada menu dashboard di bagian “kursus”
    d2ZM6iBtfyUoabaOKD1yF6ZGCkCzCjegWtJCl3z_LCHhqLJPSScQ0UkGz3FutZyQ1Uib6X9WCLPJaTqEkgTylTMIJWIko-IY4BsBM1CVJKlgKA_dU2vJUUCyRhgzUk-xxesedRTJ=s0
    perlu dicatat bahwa bagian “kursus” ini hanya akan menampilkan kelas yang kalian sudah ikuti (enroll) saja.

    2. Bagaimana cara Mahasiswa mendapatkan akun iDu?

    Penjelasan

    Dengan mengisi form request akun iDu yang tersedia pada menu di bagian atas, admin akan mengirimkan email max 3 x 24 jam bahwa pembuatan akun yg kalian request sudah berhasil terbuat.

    3. Cara Enroll kelas di iDu 2.0

    Penjelasan

    1. Login sebagai Mahasiswa

    2. Pilih menu Class List

    c-1DXYMgUV6cqSSfTctoy9QK2aNZ3kSqTb_hXGzCIMo05--mDvHHJqo2E6JOr0JGl7Qui2nqUG2uv6MsoMSihbRX5QI4Zeb0QGOofBlcSIjgrRmXzL19PUwwDI6l4Qiz6mLpKUx2=s0




    3. Pilih Class list 

    yzwBXl5a0DMgEfPrLEruzFyVmjKiktj7lAxewIG63fXTTNYZN0oSCNNULA1j4bWADKaocCDkFcsb2TVca_KrN8Lb_3Nb7nPxRXMOpaNABy0FN3VlZye2TnRJbDqg6KrxL98mRohv=s0

    4. Pilih Class List Pemrograman 

    mIK4aSNJ331qsBi_bYeoJQJdjzw_yzhU4JEufwFZjUWDxIK5Mm5yx2IyDofM4PpVnV8oyn47F8kMWXaGdyFMktxsZzv1uuskXaSlEyq7heOo0B2gnqme9FhYE2Z7jYLiKHcgo_ME=s0

    5. Pilih Class Sistem Basis Data

    JmBI1uxilvzrWTtrGFNZcVI3OAgCb_ehjMRweEIdrmIyMelSHkDCGelpqMNgG-JbWykjQShsT31gwkE8FKgapy0ALPwCeBMApWOPLoV1ryJi-EXHZvn4VAeqjaWKyYESxgOgNCxo=s0

    6. Setelah masuk pada Class Scroll kebawah untuk melihat Pendaftaran mandiri 

    t_25zP2_TV7FlA5FBm3A9rw99i6Cit556N3aVB2waVusMaJf0UXvQSXOl5AGw1LTYmTBi295MqxalVsITeQ9_FGsHkRV_P9lBPzGXo1cw--RDO0CaIusxQTPv9ZjK5ZqGGH8bFnW=s0

    7. Masukan kunci pendaftran 

    8.  Daftarkan saya



    4. Cara menjawab assignment iDu 2.0

    Penjelasan

    1. Login sebagai mahasiswa 2. Pilih Class 3. Scroll ke bawah, pilih pada bagian assign Class 4. Kerjakan

    5. Cara Keluar dari Kelas yang Sudah Selesai

    Penjelasan

    Pertama-tama login dulu seperti biasa sebagai murid,  setelah itu masuk ke kelas yang anda enroll, 

    sBADhbgRBpKEyKv9QikbVJEMi8qJS75JgFCULxxNNQY69w3Z74ZRJNn9SAlken5Epx43yiCA6RuLJ8VmBDISvklDsggjyw6QIe0KiOcjWH81vBKE7oE3QWQFlnTsRMpMLggmguZS=s0

    jika sudah masuk ke kelasnya, cari tombol options atau opsi pada pojok kiri bawah, lalu klik dan akan muncul opsi keluarkan saya dari course/kelas ini, nanti akan muncul konfirmasi untuk keluar dari kelas tersebut, klik betul, setelah itu selesai.

    3-uLhiEwX7rCR9KUWaVL1rN2AMFCzkfYvHe8mo34JpL1spcCGwbH-EaZfwBSYmaodoNo7Rph03od5NXS5CyL5d0V2HkUkivymIlNaAb0Ssz0kyrDbCkMTqexoLZ9HDAWLoUXZadA=s0



    Skip [Cocoon] FAQs
    [Cocoon] FAQs

    Dosen

    1. Bagaimana cara Dosen untuk menambahkan Blog atau events di web iDu 2.0?

    Penjelasan

    58LgfKgifE1VMsPYWZoftsDTPyFIu66faocfZ-4f3W_frciwO-q9tE-OBeT7fK5lHYli4Kfzljfn7d7uDQuAjiD6H1F564ju1jiUFP723V78odFsPJoceLhJgj9s4euEJqWR7meM=s0

    1. Untuk membuat blog pertama-tama kita klik Profile, lalu scroll kebawah sampai menemukan menu Miscellaneous dan sub Menu Blog seperti gambar dibawah ini

    TgKeyESbE2jcD3S_2mMJLPoaxKp1_vOmVK0VdyH3p3w2LjVr5RuqJneKOHU_E3RxQ2vnS2Jk9WR0nLjLImt2kzKyV8N9H1fEyy9ZwHFQ1ROj1U-QCPgyoUpQM1cwtYpNj_JnfAUp=s0

    1. Lalu klik sub menu Blog Entries, setelah klik maka kita akan diarahkan ke halaman untuk membuat Blog atau event baru di Universitas Raharja. 

    khiV-FEwitGOCF5uTjXXJDyix7_ni_WeRzI0a61eNcd4OyNuXN-fAXdSa_ZIK0oGezLlNq8Srjn93L8ERKn23fTRTcmlv0AGT3jzrrFoINBw0NrNHX5BsjpcwI0VbXeoI16GC9zg=s0

    1. Jika sudah masuk ke halaman featured post, maka akan terlihat tombol Add a New Entry pada halaman tersebut, lalu untuk membuat blog baru klik tombol Add a New Entry tersebut dan akan diarahkan ke halaman selanjutnya. 

    SMoHYSYa8ZAPu3Ua5rPca3hMCRzcctYWO5Swj7XpaVEOszl3-D_0D1YzfyHqCOa3fjihv0jk0bnkth3CFW59D-8FxF9u-Jc9x3PRIYzBX0WcfiPI9CheHt9bPNmt0DZZyx74CYBq=s0

    1. Di halaman yang sekarang akan terlihat beberapa pilihan menu yang bisa anda isi untuk menambahkan event anda.

    2. Cara Menambah Sistem Polling Pada Kelas

    Penjelasan

    1. Pertama masuk ke kelas yang anda ampuh, lalu hidupkan mode ubah 2. Masuk ke Pertemuan tab pertemuan yang mau anda tambahkan pollingnya 3. Lalu klik tambahkan aktivitas atau sumber 4. Setelah itu klik Pemilihan 5. Jika sudah di klik, nanti akan muncul pengaturan untuk mengatur pollingnya.

    3. Cara merubah course content iDu 2.0

    Penjelasan

    Pertama-tama login dulu seperti biasa sebagai dosen, lalu itu masuk ke kelas yang anda ampuh, jika sudah masuk, klik tombol hidupkan mode ubah

    EBiQu-ysxxf61yRNJeQZHzq7dF6eyh2ptvaoujn1mCLD8Lc4DwNUzlU5IGhbfSLjokw5PyZ3o_Gw-UwEs0LB4j4_TIQFiZDktEE4ls15duSLNexsz1g9xR6AdEfM1yL7R5XxON4E=s0

    Jjika sudah nanti opsi untuk mengubah blok Konten Kursus/Course Content akan terbuka, lalu jika sudah terbuka, anda bisa mengatur isi dari deskripsi kelas, topik/pertemuan 1-14, membuat assignment, menambahkan lesson dan lain-lain.

    zyFqxReOin5h7XARJhm1oJuEaqiRS6fQNrOOq2vEgan9y-4CeF-A5zGjZM14QaUcrShrPGYHfLe8trswGfZhVeB5D3EltD4tFCc6iZh480Cv9XpuJJi47tc5Z89ZCpWKlHQ7B7sB=s0


    4. Cara Menambahkan murid melalui dosen iDu 2.0

    Penjelasan

    Pertama-tama login dulu seperti biasa sebagai dosen, setelah itu masuk ke kelas yang anda ampuh, jika sudah masuk, klik tombol navigasi pada pojok kanan atas, sebelah gambar profile, setelah itu klik Peserta,
    mi4T5dAHiLFc1naxf4m8OOigrsifZVKj2uFmaoibV52TKug4jSBSBEjkC4lTLwRDmmeg_NQOxJjipzxPpCBjZbrhPHhH_I3RgZZkfzs35gKDEoAmFMbf2IgA1EykGEMOzroUPWoW=s0
    jika sudah, scroll kebawah dan cari menu Peserta, kalau sudah ketemu, klik Daftarkan Pengguna, 
    mypydo6x5wMKZtK2jn-mge4Pio_3Zox8hdSVzbqVNxw9J9C-NpFAjZ6BFiMPPQEGCjhjPPHmzx9zNa6dxNCulO_N3nS6lpY9rdtbFS_XlwLMZAtB_y9dwLmbGav8xcBdZ3VHYCVn=s0
    setelah di klik nanti akan muncul pop-up Daftarkan pengguna, disitu anda bisa menambahkan mahasiswa, dengan cara mengklik Cari, lalu cari mahasiswa yang ingin anda tambahkan, tetapkan perannya, mau sebagai mahasiswa/pribadi raharja atau yang lain, jika sudah, klik Daftarkan pengguna, selesai.
    2_SryBZIpnfEdVOgDmGL4aZ2dryQ9e8QWu58w1dX2tN4zwYHP9EZ1SQrHh16gc1uIJ0EtIeL8jv0X0ESRwyvQivjKg5hMRWsASnuAgHn-NnTr4mOqBF7tzFYUqLULElv7-83JQCU=s0

    1.  

    5. Cara membuat kelas di iDu 2.0

    Penjelasan

    1. Masuk ke Home, lalu scroll kebawah dan pilih kategori Class nya 2. Ketika sudah memilih category Class nya, klik add a new Class 3. Setelah klik add a new course, dosen diwajibkan melengkapi semua kolom yang sudah tertera. 4. Setelah selesai di bagian General, lalu scroll kebawah ke bagian menu description masukan summary course yang dosen ampuh, dan upload gambar coursenya. 5. Setelah buat summary course dan menambahkan gambar course, lanjut lagi scroll kebawah dan klik dua menu course format dan appearance. 6. Lalu untuk sisa menunya biarkan saja secara default, setelah itu scroll kebawah dan pilih save and display dan coursenya akan terlihat di menu home

    6. Bagaimana cara dosen dapat membackup course iDu 2.0

    Penjelasan

    Pada menu awal, Dosen dapat memilih course yang ingin di backup, setelah memilih course yang ingin di backup klik setting pada pojok kiri halaman

    Setelah memilih setting, dosen bisa langsung memilih perintah cadangkan(backup)

    cN-NUAHX4eO15Amy12v43Y6Yu_-K0r4gCttYqZqV3e6WdbJfzCwKv1YQ8U_w0Z6QwPbvz6h1bfQNxsnGPblhDn0vebpQkoj2iREtzzslCWHWtBcFSfIJTz5RW4dZiHU6QaQOvEk6=s0

    Ketika berhasil memencet tombol backup, maka dosen mampu melihat tampilan cadangkan kursus seperti gambar di atas, yang dimana nanti dosen akan diarahkan untuk mengisi data apa saja yang perlu di cadangkan mulai dari setelan awal hingga lakukan pencadangan

    Berkas cadangan pun berhasil dibuat

    -KRkn-zfypNi7hGhl2QKS9wfNiR1WntNnvzOotBcpD54zI_H3cNAk0k-71ONSRt6OV_4_GVzue_5jZ6_Rpj0el3VJMDZ92LYN0_pCUQ1Ng6c-zFJ00EW24VG4NybLf5ionK_T_-f=s0

    Jangan lupa untuk mengunduh berkas yang sudah di cadangkan pada area cadangan kursus

    4k4bBJRB4IfQe16rc486nvQ1TeVLB5CCq5KoQVe86OdNB_z3K1XUViJSc8yNhpFFsDfBS32duBLcUD0uE2q9jkgOdBCJASmLOpfw84dpQO7GPhLZI12Cq-jJULZFOLwO2BlFcf2d=s0

    Selesai :D



    7. Bagaimana cara Dosen dapat merestore Course iDu 2.0

    Penjelasan

    Pada menu awal, Dosen dapat menuju halaman course lalu memencet tombol page settings pada pojok kiri halaman yang kemudian pilih restore course (pulihkan) yang nantinya diarahkan pada Import a backup File

    lLYTNlHpGyy1MhoVho5o4h-HvM-K9sNH8YhF7PHEhenmQESd-XMknTq5ZgS_DM5n1V9h4Kl3HMO-xD1N3Cg_SgpMnB2H9bTGZRicK9p2ghsohlCkN5tz-3pAoPQ6Txx40bqHQjFG=s0

    Setelah memilih course yang ingin di restore dengan format MBZ file maka Dosen akan diarahkan ke dalam halaman backup details untuk konfirmasi

    Setelah melakukan konfirmasi dosen akan diarahkan pada course destination yang nantinya dimintai lokasi course yang akan di restore

    Setelah selesai melakukan destinasi course yang akan di restore, Dosen akan diarahkan untuk melanjutkan setting restore hingga complete 

    PBCoMBQZKunQRz0kYGZZ8A5QUr9jxOH9hSIOCOhESp69g0Jutsvu71yxiGVCrRO43k_q5IQWFFFvQbL43BLREtb3aSLX6LpxLeO-6r5J51P3cTV50H0J31pb8zCBtRC_JjP9CoaM=s0



    8. Cara membuat Survey pada iDu 2.0

    Penjelasan

    Nyalakan mode ubah pada course yang Dosen inginkan, pilih pertemuan yang ingin dibuatkan survey lalu klik + Tambahkan aktivitas atau sumber dan pilih gambar survey

    yPMTYvrPl9OmGzJL-qzK5UankW72PXU17gAnZrnjQlb2lVqU23cTVgxviCkpXkVbidiqI-Sl3rXfC087J0CQG-MqGXiB-zhSDm6e6KSSz3TYz-YYpV8re-5ZQIDPlikIoFbD90K9=s0

    Dosen akan diarahkan untuk melengkapi isi dan keterangan survey yang akan dibuat, selesai :D



    9. Cara membuat assignment pada iDu 2.0

    Penjelasan

    Nyalakan mode ubah pada course yang Dosen inginkan, pilih pertemuan yang ingin dibuatkan assignment lalu klik + Tambahkan aktivitas atau sumber dan pilih gambar assignment (penugasan)

    sE9m3j-n6H7n5UXuM_-LRkTSVdtW051qN1Z480DswqQzNXDrEI2asAX5wDaCNZYTO4dRvTgeVoPeN-rNOvewoPA_AK4R5aphXPNYP9T69RIORGCPRy555M7ZsHQiGmYQK751d5nN=s0

    Dosen akan diarahkan untuk melengkapi isi dan keterangan assignment yang akan dibuat, selesai :D



    10. Cara membuat discussion pada iDu 2.0

    Penjelasan

    Nyalakan mode ubah pada course yang Dosen inginkan, pilih pertemuan yang ingin dibuatkan discussion lalu klik + Tambahkan aktivitas atau sumber dan pilih gambar discussion

    pYq-yj_TJzdUH_NEi47C6wM5skLRGcCF6KdUiMILWgbv1vuJaYrAkHCSHj7pF3JGTNP_nQq0ZUkspS3St-AJtwl0-DtvdXY2iinDRE15OqVjCDWGdXVvhz-NnnYc4zkdU5ODDag2=s0

    Dosen akan diarahkan untuk melengkapi isi dan keterangan discussion (obrolan) yang akan dibuat, selesai :D



    11. Cara edit course overview

    Course Description

    1.Login sebagai dosen
    2. Ke menu Navigation cari mata pelajaran nya lalu klik
    I7qi5wxyZPemjU-6vJOSRuob5rH4gyEkZpMCvsP4Z7WDyjjH0s88Vc9zqxADTbmtBDryTNgCGMnRSWfXSmkgCgNft3vyas3eOlLdEQIq-U6ysGrCsfO8tFDwsem2bxDICVYGQSTe=s0
    3.kalau sudah masuk kekelas nya lalu klik hidupkan menu ubah di pojok kiri kalau sudah di klik ada bacaan Live customizer .
    Q7NIW6fNclEaoPaQ2i-FP40pUt2nbPWe5481h5ngyQwydDNQ2nltciQqkOaQvnQ9ixuahpxr46EaIAZdeYR6-KCtL_zwPzpY0IkoGeaglzmsCNXp3JeTYsabVAarTPjVFkcCDjIs=s0
    4. Lalu custom di setelan blok, kalau sudah di cantumkan sesuai yang diingin kan lalu di simpan perubahan dan kembali lagi dan sudah selesai mengganti course overview.

    12. Cara menambahkan enrolment methods

    Course Description

    1.Login sebagai dosen
    2.Ke menu Navigation cari mata pelajaran nya lalu klik
    3.Kalau sudah masuk kelas nya lalu klik menu Navigator dan pilih menu peserta
    xPW0PIy4Y3U4lx8l2r1a96XSU66xRO59-oH_xnyuFoNXNrC8A_xtjWYbHOK8s64Zd3qKFWU8qnPEkBHHcnPFEBuqm65IZafUr6pSgobzo2WI8fgDPZL0-xpPvOndDpE-EO0gOMbe=s0
    4.lalu pilih menu page settings di pojok kiri bawah dan klik metode pendaftaran, kalau sudah masuk ke metode pendaftaran ada menu tambahkan metode dan klik lalu pilih pendaftaran metode.
    fWhhYnPlrmQgub-k6y73D0rSn5gdGEH4fHOrJBMn5D5B6qruI_OQmZ60fNaaG22RERvQ2OyNP3-MLDM683Q9wBnYr2o1RcgjNBZZo0eW0K1xCpxUaPIwEgk5-_7JlixgztGuqcv0=s0
    5. Lalu isi sesuai yang di butuhkan seperti nama instance kustom, izinkan pendaftaran yang telah ada dll, kalau sudah ke isi seusai kebutuhan lalu klik simpan perubahan dan selesai sudah menambahkan enrolment metode.

    13. Cara add new category

    Course Description

    1. Pilih menu setting
    2. Klik site Administration
    3. Klik menu Courses
    4. Pada option Courses > pilih Manage courses and categories
    7Kl9UFwTYwNliMVBEhu_1Olxe1FPszIDEU0ID4rEsM3Zg7nGjOt8e9y0n7l7c6aXDBLMYHgkWh5OMuVu8tUg0W0r6EeWrBj2ppbKVHCKHJ5ZvYTCWm2ACACONy7GyzND3Q1huXkx=s0
    5. Lalu klik create new category
    EVCGc4Ihm6YBRepBo0XSv6uTdwSle9ru_oJCIziU6WAfcIBFbNlGUpRhrE6qQNlryTAkKWWTGs5YVbS-V0CH9SFgvgwCrPR91mZEeY4JDduJqyxVcPYhOUAbPGzqnlhrZztM5InB=s0
    6. Lalu perent category ubah menjadi top lalu isi nama category sesuai kebutuhan ,lalu kalau sudah ke isi semua klik creat category 

    14. Cara membuat Quiz di iDu 2.0

    Penjelasan

    1. Login sebagai dosen 2. Pilih menu Class List 3. Pilih Category Class nya 4. Pilih Class nya 5. Klik turn editing on pada pojok kiri layar 6. Pilih pertemuan yang akan di tambahkan quiz nya 7. Klik add an activity or resource 8. Setelah itu pilih quiz

    15. Cara masukan Pertemuan di iDu 2.0

    Penjelasan

    1. Login sebagai dosen 2. Pilih menu Class List 3. Pilih Category Class nya 4. Pilih Class nya 5. Klik turn editing on pada pojok kiri layar 6. Pilih Topik yang ingin di tambahkan pertemuan nya 7. Klik add an activity or resource 8. Setelah itu pilih file

    16. Cara menambahkan berkas pribadi

    Course Description

    1.Login akun dosen
    2.Pilih menu settings terus pilih Private files
    EN6YynJdcegbMxHaj1IANC7JHvZDsiV35OOcrc4OHTC8CwLx5VQ2hTJdafWoKSyX4WdDyO_HhCxGYW_1es1mpD2LzSC3WvORpkMYXRIQ29QmfshMEO0laL4GcrvCGzmIdr4jJU2c=s0

    2. Lalu klik add file di icon tiga di tengah kalau sudah masuk kan file nya lalu simpan perubahan dan selesai menambahkan berkas pribadi.

    17. Cara Bikin question bank untuk dosen

    Course Description

    1. Login sebagai dosen
    2. Lalu masuk ke kelas yang akan di bikin Bank soal, lalu pilih option yang ada di pojok kiri
    3. Kalau sudah pilih selengkapnya, lalu kalau sudah masuk scrool kebawah ada menu bank soal
    eJCasB-s2mOQKDH0uaELe1vsA2xP9XcSatewuTL4ueGyIObgSWlsXqXkFFJI-eXISEY-a6swdagFQ5ppwR8U1cXcWUxuUjrDZMnhJYco6BaAAtagiJ-ZVwIsfu7iCeVXQXck7KY2=s0
    4. Lalu klik kategori kalau sudah masuk ada menu “ kategori soal untuk sistem”
    7N4ltMYCh1fpmnPDsqIZ7iFgWQ20elXOIlI-sKuxOBG_47UO4ElkLx9pEpW7ZH9AaSJpQrdQ6rUnue4sV8UHhDzE0r_3r1QYS6R4AbC4h1am9R09Gk0ZL05Rlsv0V9wq47KJQ5vA=s0
    Ada menu tambahkan kategori
    -Kategori Induk : paling atas untuk “IT Research”
    -Nama : Soal 1 : IT Research
    - Informasi kategori : tidak usah di isi
    -Nomor ID : tidak usah di isi
    ShznO05sWbLZ4O10xTP_HfIHMkR_4FFZ0cm6UVlhcdR2GP7h06dmrOQN5FmFunO5-rZyQE3yljwhZqScvIfA99q1phejgrdnCU9AODs-8Czyn1vlKCKklNa4Bk0A1F00CdD9GBDO=s0
    5. Kalau sudah sesuai diisi klik tambahkan kategori dan lalu ada menu kategori soal untuk ‘Kursus:IT Research’ dan ada soal 1 : IT Research yang sudah di buat tadi lalu klik , kalau sudah masuk ke menu nya ada pilihan pilih kategori, pilih yang tadi dibuat yaitu soal 1: IT Research ceklisin semua terus klik buat soal baru, kalau sudah klik ‘buat soal baru’ ada pilihan soal ada essay pg dll pilih sesuai kebutuhan misalkan pilihan ganda klik pilihan ganda lalu tambahkan
    6. Kalau sudah masuk ke menu selanjutnya lalu isi form nya dengan kebutuhan yang kalian mau kalau sudah klik simpan perubahan dan lanjut penyuntingan
    7. Kalau sudah di simpan perubahan dan lanjutkan penyuntingan ,lalu buat lagi soal seperti yang di atas ,ulangi lagi sampai soal mencapai jumlah yang diinginkan misalkna 20 soal lakukan seperti tadi selama 20x

    18. Cara Menambahkan Lencana Pada Kelas

    Course Description

    -GupejA25vvkkUqK17W31AyMbpi4KMUh-_oFsTw8sr3XblXPXXXZpciyNy5g3cMBcdeKglG8cG7kF6tQO5KxoPkApe3pS_GQDXKnKYaidh-mqTonWLxWPAPGJQwBwKzDMDGwBN0G=s0

    Jika bapak atau Ibu ingin memasukan lencana atau badge pada kelasnya, anda bisa masuk ke kelas yang ampuh terlebih dahulu, lalu klik menu navigasi yang ada disebelah gambar foto profil akun iDunya, setelah itu klik Lencana, jika sudah di klik maka akan diarahkan ke halaman lencana kelas tersebut, lalu klik tambahkan lencana baru, isi form nya, tambahkan gambar dan buat lencana.

    19. Cara hapus dan restore konten pada Pertemuan

    Penjelasan


    rOesutfZsL3a3wvgHJdItO0uGxVAo9uijlb0QGwULMqH0hpEyKSXHnnq0rer5gUJwplrDV8rD1C5boBFha_SzYyDmxJU5ZkUrTYH1KfWmuI5P6KPiLONkj5zCdoiEUhRtNo0McJZ=s0
    Pertama-tama untuk melakukan editing pada kelas, harus menghidupkan mode ubah terlebih dahulu, klik Hidupkan Mode Ubah pada kelas yang anda ampuh, lalu scroll kebawah, cari pertemuan berapa yang mau bapak atau ibu hapus, lalu klik pertemuan tersebut, dan pilih mau konten apa yang ingin dihapus
    OB4dMjEuT3OydcmmmNYIAtJMezfh7Kj8pEwPDoLrcgy7eBfAESBQ9LrYvO3yd_QTPaC7k0RimZeUQCuUNpJxDDJDGJeKLaqtbOLe48i1xgXWw0Bzcxg305Ez_GZfCj1N8rs_hjem=s0
    Jika sudah ketemu, klik edit pada konten tersebut, lalu klik hapus.
    KJRadCQbjko2kfKLXqamco8nwwjnnwCEpw5i8jJd8Gn8YJpSp--l9BtKfRRzmz24Jgigoi6MB9oRcRpR9RJywnku9_6LyGCMiwcrX9S4jvonFq-xqU3yn_lkIxZoqQN023iMKZbV=s0
    Lalu untuk merestore atau pulihkan konten yang sebelumnya kita hapus tersebut, bisa dengan cara mengklik options yang ada di pojok kiri bawah, klik Tempat sampah, lalu nanti akan diarahkan di halaman selanjutnya, di halaman selanjutnya nanti akan terlihat konten yang sudah kita hapus, nah untuk merestore atau memulihkannya anda cukup mengklik tanda panah ke atas pada baris tabel pulihkan, klik nanti dia akan kembali ke konten pertemuan lagi.

    20. Cara menambahkan Topik di iDu 2.0

    Penjelaan

    1. Login sebagai dosen 2. Pilih menu Class List 3. Pilih Category Class nya 4. Pilih Class nya 5. Klik turn editing on pada pojok kiri layar 6. Klik tambah topik pada bagian bawah kanan topik

    21. Cara menambahkan folder di setiap kelas

    Course Description

    1. Login sebagai dosen
    2. Masuk ke kelas yang mau di tambahkan folder terus kalau sudah masuk ke kelas nya lalu ke pertemuan yang mau di tambahkan folder
    JVCDMil2hV9ImOd2N6vvOA9-8bkvIs0bMI0005Nw98Ou2q-p7c4ToGxikClxsI86XDibqVbnZJU24i_aeGEG0VAX1MCsAkf8D-_an6gtUV8qSqgBWH2fcR6EIYA4lgd6d6Wc9XNy=s0

    3. Setelah itu klik pertemuan 1 ,lalu ada bacaan nya ‘Tambahkan  aktivitas atau sumber’lalu klik, kalau sudah masuk cari folder lalu klik menu folder, kalau sudah masuk isi sesuai yang di ingin kan seperti nama, deskripsi dll, kalau sudah klik simpan dan tampilkan ,dan jadi folder baru di tampilan 1

    22. Cara membuat halaman di pertemuan kelas

    Course Description

    1.login sebagai dosen
    2.Masuk ke kelas yang mau di tambahkan halaman terus kalau sudah masuk ke kelas nya lalu ke pertemuan yang mau di tambahkan halaman
    9yR5h0jY2sHZ36Pz5MtRegbpTSqSQodjo-YjgqneuDM5s44SVAiFc0tKDcDgpRxhzgXRuB2MibhqRjye84xbwodyOQrxMf1IS52Ch0tFiBuBxIl6-IivYWaGleumrp26jtq4hFW3=s0
    3. Setelah itu klik pertemuan 1 ,lalu ada bacaan nya ‘Tambahkan  aktivitas atau sumber’ lalu klik, kalau sudah masuk cari halaman lalu klik menu halaman, kalau sudah masuk isi sesuai yang diinginkan seperti nama, deskripsi dll, kalau sudah klik simpan dan tampilkan ,dan jadi halaman baru di tampilan 1

    23. Format aiken untuk question bank

    Penjelasan

    Login pada iDu 2.0 sebagai Dosen yang kemudian turn editing on untuk menambahkan quiz pada + add activity / tambahkan aktivitas atau sumber

    Setelah berhasil membuat quiz dilanjuti dengan pilih menu administrasi khusus yang kemudian pilih bank soal dilanjuti dengan impor

    bNIEuw_1X_XyMhYg-4R1L06Gl7d-ZyJTy3AhL19I-u6o_VPev4fQ56Qg8nNgfe7Oo70qLwmdmbKrleQ4aBN5iKjwQUIaDfDXe57WjABXgobk6ah6Fn11fGgupbHZNb2xexQaFJtp=s0

    Pilih format Aiken lalu upload soal dengan format  yang tadi kita pilih yaitu Aiken, question bank pun sudah siap digunakan sebagai quiz



    24. Cara dosen request Class di iDu 2.0

    Penjelasan

    1. Klik Form request Class di iDu 2. Isi data yang ada di form tersebut 3. Setelah isi form tunggu sampai admin proses

    25. Bagaimana cara mengatur kriteria untuk mendapatkan lencana

    Course Description

    1.login sebagai dosen
    2. Pilih menu setting dan pilih site home lalu pilih kelas yang mau di mengatur kriteria lencana, klik options yang di pojok bawah kiri lalu pilih selengkapnya
    3. Kalau sudah masuk pilih menu lencana lalu pilih kelola lencana kalau sudah masuk ke kelola lencana, ada tulisan tindakan dan di situ ada menu setting lalu klik menu setting atau edit
    4. Kalau sudah masuk langsung pilih kriteria, ada bacaan nya tambahkan kriteria lencana lalu pilih mau mana yang akan dikasih lencana kalau sudah isi form nya, kaya nilai minimum yang akan mendapatkan lencana nya. Lalu isi deskripsi nya, kalau sudah semua tinggal simpan dan selesai sudah mendambahkan kriteria lencana
    4RidVYMtd02pdR8UNFA3AXKihtiDy1WU1Y1HsEJRE1gAZ70bpXEV270BsA9qr2iIiXhEypm6sVf68elyqtNkrnU93SH1RLflLcR3NLnrRsvN1ysLAOsqQHjweRrxVRWATNchDr4w=s0

    27. Bagaimana cara embed materi dalam bentuk file doc/pdf ?

    Penjelasan

    1. 1. Masuk kehalaman course

    2. 2. Klik hidupkan mode ubah
      KzbI1nTYks4jsJpcorKG4b1Xdm7rRWxF7ylZD5vJS1nuiArd0XFYtvwzx79ZkJqd_byUK7cLOQqrwRzghueyAnoZ0QqhTgb2qa0cXqG2enaqK7qbDQLDoWtvXh_HVnRoZk4bqzpx=s0

    3. 3. Pada option pertemuan, klik tambah aktifitas atau sumber

    Se0xl6F_OfuNTJcHu63VH3Xq-NlCIgXj1XzyemdCAnq3XtErqpDaIqog5YGhL0-CV8u9H-xp7-bbiEprJWtFCe8HUgVhGY-1RYbrDZUIJcnjMs88n0j2j78U9wDccLeFdG8hb5G0=s0

    1. 4. Pilih menu buku

    5Ssq9-Kn1l7lZ6OW3Ds90irOJjpdXXIbBRskmysu3hKgKQKaIdkT8NGu_Y2PDe21IvsbIkHzO4mZcC95r2NFYyW_B2qpT-FHrs6BY1AkKg-6ZAsH3sgjYSNOWuTxTPcta7R70svu=s0

    1. 5. Masukan judul materi

    MXD1B1IVWgbqwnC9GuWnpDrdH3zabg_IOAedLWB1cnHjbc81cfkb6j1uaW8Ty-mWv8CAMvOZ_onifCVv6RJ2EtYxUT2afSFRwTbITvybF3SKajx30sM8auh1NNsDUNB08PKLLBX6=s0

    1. 6. Buka Google Drive 

    2. 7.  Pilih Materi yang ingin di embed

    3. 8. Klik kanan lalu pilih share akses ke semua mahasiswa

    1. 9. Klik done

    2. 10 Klik kanan lagi pada materi

    qPdosA5MYeZhLu2GFr_QjJPtRpFTWuiPJfV0Lb9PZSk-fIWwSrR8ieFlp-huESVooh7iRXjggJtuk_E1KAFtp4HHJ1nqP61n5M6iS6WqQ13tvunNkF5HyFGjTbN6wMk_gviMgdda=s0

    1. 11. Pilih preview

    2. 12. Klik menu titik 3 pada pojok kanan atas 

    kw8RpEMfQmxJzGHR9jYCunuYCJ0uw8wnMxEgF4g7Sl3Az75F1_-8XUKmOE59jSyQXnwDYe81sN8Rmtt2yv_Wk7Ujx8EOCOnn4pMLEr1B7K9E2mqbB1JTn_iPNPkcOzo7Oq59WXFi=s0

    1. 13. Pilih open in new window

    2. 14. Klik menu titik 3 pada pojok kanan atas 

    VUYb4a0Yn0kaUIlw8joxZKBtq8xq4lRNbBkcVNRnuTv0fnaR30aHoHg0eAhAWZr2KqN8UVADQHlvi6gYqo7CSiXK7C91Fqv2npuprABgOav3aqvNnKI9rRTG1iv5Xwmb-RtaE71g=s0

    1. 15. Pilih embed item

    2. 16. Lalu copy html pada embed item

    7CWGGXGoIWuCbE3l14lzHkN23Wn1kH72zLiGX8dSe3R6pyW34Q1yXIxepofaSjP2HREaiH3wg-ke6eN95u-0qd6bO4kPsiEHJAommHVCaO3jr95zV61EOKf_MWEM0t6JlLdSL63s=s0

    1. 17. Pastekan kedalam isi course  dan save

    T5DgQdNJKEvzGWicDzUO_4D53gX7jqzWeEHE1iwnDZLNurqHlPFbbhGwxPHEVjrtKmBQLtV6PI0GWF4MTvI2klbk9wc4RYk8XNeSIZfRycnOqc46fY8kAFVAYfk4nRL_o3xNwex6=s0



    28. Bagaimana cara embed materi dalam bentuk file sheet ?

    Course Description

    1. 1. Masuk kehalaman course

    2. 2. Klik hidupkan mode ubah
      KzbI1nTYks4jsJpcorKG4b1Xdm7rRWxF7ylZD5vJS1nuiArd0XFYtvwzx79ZkJqd_byUK7cLOQqrwRzghueyAnoZ0QqhTgb2qa0cXqG2enaqK7qbDQLDoWtvXh_HVnRoZk4bqzpx=s0

    3. 3. Pada option pertemuan, klik tambah aktifitas atau sumber

    Se0xl6F_OfuNTJcHu63VH3Xq-NlCIgXj1XzyemdCAnq3XtErqpDaIqog5YGhL0-CV8u9H-xp7-bbiEprJWtFCe8HUgVhGY-1RYbrDZUIJcnjMs88n0j2j78U9wDccLeFdG8hb5G0=s0

    1. 4. Pilih menu buku

    5Ssq9-Kn1l7lZ6OW3Ds90irOJjpdXXIbBRskmysu3hKgKQKaIdkT8NGu_Y2PDe21IvsbIkHzO4mZcC95r2NFYyW_B2qpT-FHrs6BY1AkKg-6ZAsH3sgjYSNOWuTxTPcta7R70svu=s0

    1. 5. Masukan judul materi

    MXD1B1IVWgbqwnC9GuWnpDrdH3zabg_IOAedLWB1cnHjbc81cfkb6j1uaW8Ty-mWv8CAMvOZ_onifCVv6RJ2EtYxUT2afSFRwTbITvybF3SKajx30sM8auh1NNsDUNB08PKLLBX6=s0

    1. 6. Buka Google Drive 

    2. 7. Pilih Materi yang ingin di embed

    3. 8. Klik kanan lalu pilih share akses ke semua mahasiswa

    1. 9. Klik done

    2. 10. Klik kanan lagi pada materi

    qPdosA5MYeZhLu2GFr_QjJPtRpFTWuiPJfV0Lb9PZSk-fIWwSrR8ieFlp-huESVooh7iRXjggJtuk_E1KAFtp4HHJ1nqP61n5M6iS6WqQ13tvunNkF5HyFGjTbN6wMk_gviMgdda=s0

    1. 11. Pilih preview

    2. 12. Klik menu titik 3 pada pojok kanan atas 

    9fgpFuMJzdXzduCFwJaoNOUL9YZC6PRl1YFucfBja-K1Zhxz7dGXgJxhDNtHmpi0xk7W8gBvRVryPOpgO04SAo92Y8NhlbE8yvEfuqHbl9Qb2GsDoScz0dA9JOmMruHc9Huvz2CF=s0

    1. 13. Pilih open in new window

    2. 14. Pilih menu file

    vkOVSqKmtsmg34TsjKZG6C9CYoYVazKfyPkO5nC53RURp5nKek9Slq0DAtenJ19_JyP8RRweF0uZvssEt54m9HFK-MAO5NKjELu45cBNKsL2jJAC48Ob0zVWu06ZA91a0127PCVk=s0

    1. 15. Klik pada option > Publish to the web

    2. 16. Pilih menu embed

    ApLQFq9hrvLOiZTH1HSbZVKCu9NzHHWZs3fssbIVaaxIrbv_h0Rk6CqNUQPyBHUSCA-FgDqx_TOwVhVYEqOUei7Zi-zunu7mNyvH-zrsaI9KlzPHkPTEycJ_ZybMImb1_noIaBaL=s0

    1. 17. Lalu copy html pada embed item

    Tfv2GWv0rCEmSuEjD2NPOPfpa95-MllW7IUs-VjNAW2AjkTZ4ldQdj04NnLqyokA9DgKWXPpgmbOYZtjF2hox0SYo6VCyBKWUWjpHRex4CEr4g4pkjYQ33Isq5PQzSdfcIo4HYXy=s0

     

    1. 18. Pastekan kedalam isi course  dan save

    T5DgQdNJKEvzGWicDzUO_4D53gX7jqzWeEHE1iwnDZLNurqHlPFbbhGwxPHEVjrtKmBQLtV6PI0GWF4MTvI2klbk9wc4RYk8XNeSIZfRycnOqc46fY8kAFVAYfk4nRL_o3xNwex6=s0



    29. Penerapan Fitur Umpan balik pada iDu 2.0(Dosen)

    Penjelasan

    6gKQXkmvnfJUHVcDgo7QnJ48eCs9jrXiQXFzISmb6La6qp5-_cGjrCDmUUmGEXJoE3J9jD_ShQT1QXUPN5uwQ30XzcXOqDiaYj8gw9qZhgncsgxfq2HpGnZ_n7RVjjZkDM1K7SPd=s0

    1. Untuk menambahkan Umpan Balik, pertama-tama hidupkan mode ubah terlebih dahulu, lalu pilih pertemuan yang mau anda tambahkan umpan baliknya dan klik Tambahkan aktivitas atau sumber dan pilih Umpan Balik.

    _IlMN8QnJyZqv4LK9YlNB74onXuTfzlh45fJZoKrqyN1AHg4BMhs6b0B8E6UjWZRABKT05BylM6U4hmVNbwvR89GKeOC3ZtEDTG991Nfk1RX-PXVRkQfN0s4cHn943dWBtM9xpqI=s0

    1. Setelah memilih umpan balik, anda bisa menambahkan nama, deskripsi dan lain-lain pada umpan balik yang mau anda buat. Setelah selesai menambahkan nama dan deskripsi, klik simpan dan tampilkan.

    tGJuSDr48d2sL1ZF2ZVAAZK5c6IwiSboLfkVK_zKXl0OaVIpOYd_0t8KIBIO-4msi4s7ak687GY-UfRkB8mWH5fjYl1tEhhKTlOqMuLLqhR590QxupJpXo4ZguemBWP8kuxIj6v3=s0

    1. Setelah anda mengklik simpan dan tampilkan tadi, anda bisa menambahkan pertanyaan dan lain-lain pada feedback anda seperti digambar.

    30. Penerapan Fitur Pemilihan pada iDu 2.0(Dosen)

    Penjelasan

    TecLCjTq_g6dkVXudG36SNPJJH33xdb5PJEcMEa_jAuZNYjH5r9Vtv4g6r22MaNyL1iPugnPpY6bRieBFMS2nTV1NKO8pO50QcQzRhZYj6fXkAv1nyI3N94kVZHfG_roeY3WMmPN=s0

    1. Jika anda ingin menambahkan Pemilihan pada kelas anda, anda bisa menambahkan aktivitas pada bagian kelas yang anda ingin tambah, caranya klik tambahkan aktivitas, pilih Pemilihan.

    zCxz6mL2K6mo8hvYqR97pgmtgZGMPwjp1uI58SneWWTbeFWnJvBUhSkVQ3ga1wmfa7nJ4Bj9qwo2c78r9EcRTjJRzGzGabCU14fOqZ7JnFQZ_ZcGOLDV4iaLTHbR9iukUpNAsRDp=s0

    1. Pada bagian ini anda bisa menambahkan nama dan teks pendahuluan, lalu jika sudah scroll kebawah, maka anda akan menemukan opsi untuk menambahkan pilihan pada pemilihan ini, jika sudah simpan dan tampilkan untuk melihat hasilnya.

    Skip [Cocoon] FAQs
    [Cocoon] FAQs

    31. Penerapan Fitur Label pada iDu 2.0

    Penjelasan

    _oBXBju_Pu2epcPaV7bd6Ul6tlfzdM2JO4tBPwZzcBoKcrrioHn4kKxlB5EbqvBxN0eWZnoKc6kF_uUtXwEDvU82_Nq8XMRQx0_e9kDFhdbQXT6br5hIvIXmSaBlU7zR6tZltyPn=s0

    1. Untuk menambahkan label, anda bisa memilih icon label pada aktivitas atau sumber, label ini berfungsi untuk memberi sekat atau tanda pada sebuah topik pertemuan.

    32. Penerapan Fitur Buku pada iDu 2.0

    Penjelasan

    0xtEg5Vsb3FWxoPG_xd9q4Z769rZdaxBZSYUic5uamw_Xb-e2FrcQodqfHyloe4JZT0mwZ-5UwzCwiUlmeKo15r8DojnMr1iOyAPvBNQ3Y9o0jR0ekgpZTsUosDlIyA0IlsENLdg=s0

    1. Untuk menambahkan module buku, anda bisa menambahkannya pada sebuah topik pertemuan dengan cara mengklik tambahkan aktivitas, lalu pilih Buku, setelah memilih buku nanti anda akan dilanjutkan ke halaman selanjutnya.

    Ju3jEJbXV8AjP4UDJIlvKv9groTKVbupduw1yUaS6b7YOBDjutJHKx54U79QJbYzRD5pspD652J5RbyH11ZTXfNe6oDOOL28y8uW4_TBChivMiXFpQiizydtPN7H3fFYk9iQ0yD2=s0

    1. Anda bisa menambahkan Nama, deskripsi dan lain-lain, setelah menambahkan nama klik simpan dan tampilkan, dan akan diperlihatkan tampilannya.

    6mNSFarI9bxWeqypOHqPhV-0jYwU4nOoGU-ySEUNt8doHbGkh5eAj1zvwuIduSACf-Ja8JA83V0eL58J8NXWaxILWDMZbMY9-Ozk_a2-bXAMH7ReQ8SdU6-ici8ta-8A3nQMQMNd=s0

    1. Anda bisa menambahkan isi dari buku yang anda buat, menambahkan daftar isi dan isinya.

    33. Format Aiken untuk Question Bank

    Penjelasan

    Login pada iDu 2.0 sebagai Dosen yang kemudian turn editing on untuk menambahkan quiz pada + add activity / tambahkan aktivitas atau sumber Setelah berhasil membuat quiz dilanjuti dengan pilih menu administrasi khusus yang kemudian pilih bank soal dilanjuti dengan impor Pilih format Aiken lalu upload soal dengan format yang tadi kita pilih yaitu Aiken, question bank pun sudah siap digunakan sebagai quiz

    34. Mengubah soal biasa menjadi bank soal dalam format Aiken

    Penjelasan

    Pertama Hapus nomor soal pada soal normal yang ingin dijadikan format aiken Gambar pertama adalah contoh soal normal pilihan ganda Gambar kedua adalah soal normal yang sudah disesuaikan untuk format aiken bank soal yang akan diterapkan pada quiz iDu 2.0 Soal pun siap di impor untuk dimasukkan kedalam bank soal untuk diimplementasikan pada quiz iDu 2.0

    35. Cara membuat Glosarium pada iDu 2.0

    Penjelasan

    Nyalakan mode ubah pada course yang Dosen inginkan, pilih pertemuan yang ingin dibuatkan Glosarium  lalu klik + Tambahkan aktivitas atau sumber dan pilih gambar Glosarium 

    nGVIzLYFZMPjPbVCaS42Hkwk2VjUqkSo1VNVcPOOXS7uIcoILcO-43uNG-WvSGt5xop0vSsk9c_77bw585COpgWt8xOxvCv8nctW1gE4YXAkCKwnj9bna8OPWKH1Y7ZMmSIeOTTW=s0

    Dosen akan diarahkan untuk melengkapi isi dan keterangan survey yang akan dibuat, selesai



    36. Cara membuat halaman pada iDu 2.0

    Penjelasan

    Nyalakan mode ubah pada course yang Dosen inginkan, pilih pertemuan yang ingin dibuatkan Halaman  lalu klik + Tambahkan aktivitas atau sumber dan pilih gambar Halaman 

    mLSjbaonftiutxoM0eThBPC5mK21NO2nX-53di27-Rvhe8LAcOdadtbU5IxuvqPVDMGa49DIq0juBYljG5MM2X8vMkV8le9ezKMgKF8gvo_2niRwHWzFca70sqL0HNI3cbaSixJZ=s0

    Dosen akan diarahkan untuk melengkapi isi dan keterangan Halaman yang akan dibuat, selesai



    37. Cara membuat Tabel pada penugasan iDu 2.0

    Penjelasan

    Pertama-tama pilih penugasan yang ingin dibuatkan tabel pada isi penugasannya / deskripsi yang kemudian pilih toolbar toggle untuk memunculkan icon add table tepat di samping paragraf

    T3sWFtSQW37ADn884J83r78cNe4dx0S2mBiDh9jP4wLkxdXdUsm5L5SUcATiIKhRprF7O8FR4pc8aeC25nJo8cDxsmFFqxvgSQn06ikNxwPpbvsHR8HU3A1Yns_ocBtAXbT16Z1E=s0

    Setelah berhasil mengklik toolbar toggle maka akan muncul icon edit tabel seperti pada gambar dibawah ini

    DN2NBUgOgPbF7R8AtUMVCgCMuAhPnhVowisKSuFCCqVIKwXw-_HMfV2SQYtippBrTPsZjU-6Xbxgkd5PmzSq3cMX15ky9EZTByaTr8f3RN6cs6Xyl_rXWZl5bnioKLkDqYENnjUD=s0

    Tabel pun siap di custom sesuai keinginan user masing-masing dan langsung tampil setelah melakukan insert tabel



    38. Penerapan fiture wiki pada iDu 2.O

    Penjelasan

    Hidupkan Mode Ubah
    2pCdEAvY1kvkQishi_d6mR__mSWXoQ4l3kGeZfMyh2_XNDj0VRoCQ36dM1A0gj-9Jmx9uuyx2LKUuZJSyBPytGQcO3t8EycoAOv7GGzPMQRIkzqLfA-4TiJbGbCGbKH2fnlyOvjW=s0

    Tambah aktivitas atau sumber

    QNj3Yz68eOVE643PUyW_0K7NAxJUepIYUT1Tst8rmQq8ajM0nHkL6zZsy_h4RK9x1fOBI91QysICvLhx7Mh4ddowGTqfMCnT6vV0eV_n-xPt5LHqMtRKz2kfKTpru5S2-nhVJku3=s0


    Pilih Wiki
    u218EZRU84JeZQ-03NEcp9xqo4h_uoAOyudc9jsdeL4cT16U8G69X5QtR3I5uA-p6aItOBAVMRjqD1YhO3miL-tekefYHJh1ZbPjMpADqm290PaM_zW6NejucMqZ36fdMg1Jr_nE=s0

    Masukan Judul dan isi dari Wiki
    XShjsCuYpkEdVg2pdDEfJL5XehZY5XK_l26KdoV5mjKYFiqAjyaTUbJV1zx68HfyZ-KdBWZ16Mo39ehUs3KHdh7dPNbwdbtjAsbO-GUVQb_Q320UDAaGSPXt8GOhMQ5nekb-Z7d7=s0

    Klik Simpan

    Jika sudah muncul bisa langsung klik dan di edit halaman dari Wikinyaa
    iDli_6rFDt51kkhvMH1ZUBSk8-IEc4jsFz7A4DOUQxHcC-GlcVtB2EyMHUDwRyMJSVcBe_sp1mcqpJklM8m1mOS2grpEFuLBP6pgf6pIhndYIjrE7d7c5sWreCcGWNsOFUJqe5aY=s0


    8iKfUDU4rczOb1EadBlrSporr3rZnyQMhBFk_USiV7JFy5WZxPU_FG0P1184Fr0ytQoO_dYBgt3p_joIPsCuatev59KynxHRCdgOqzHKMxjJrDUB_7MFqQrfYBJnYjyNLxJxG6D7=s0



    39. Penerapan fitur basis data pada iDu 2.0

    Penjelasan

    Hidupkan Mode Ubah
    2pCdEAvY1kvkQishi_d6mR__mSWXoQ4l3kGeZfMyh2_XNDj0VRoCQ36dM1A0gj-9Jmx9uuyx2LKUuZJSyBPytGQcO3t8EycoAOv7GGzPMQRIkzqLfA-4TiJbGbCGbKH2fnlyOvjW=s0

    Tambah aktivitas atau sumber

    QNj3Yz68eOVE643PUyW_0K7NAxJUepIYUT1Tst8rmQq8ajM0nHkL6zZsy_h4RK9x1fOBI91QysICvLhx7Mh4ddowGTqfMCnT6vV0eV_n-xPt5LHqMtRKz2kfKTpru5S2-nhVJku3=s0

    Pilih BaisData
    u218EZRU84JeZQ-03NEcp9xqo4h_uoAOyudc9jsdeL4cT16U8G69X5QtR3I5uA-p6aItOBAVMRjqD1YhO3miL-tekefYHJh1ZbPjMpADqm290PaM_zW6NejucMqZ36fdMg1Jr_nE=s0


    Isi judul dan body pada basis data
    CmQnx1Q3H4yTu90DpLoDDLyye7aih96YxK0dH1cQrt92Y57Nmn4bMp6x_klR_p02eNe-_0trjxZ9ePXAA7W_V-e4Gk64EpgUUjly8ifDJB0PoG8oIiwlocPzkHvP4AhsmPET03GD=s0

    Lalu simpan


    Setelah berhasil diterapkan basisdata, bisa langsung di edit nisi dari basisdata ini

    9f_GfmnGdasdQBuNbTzznSiM7t_46d4mVExNjoxISQmFdSmZ4ZwJDgWQqzQ4FEo6gq6ETrknk_D-f9eyO8Yd-7WBFfxLaPgD3yjsYG7a5PP8Fug0sPKAXfPQZkLllixjKJaNw48t=s0



    40. Penerapan fitur alat eksternal pada iDu 2.0

    Penjelasan

    Sebelum menerapkan fitur alat eksternal, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mengkonfirmasi terlebih pada admin.


    Hidupkan Mode Ubah
    2pCdEAvY1kvkQishi_d6mR__mSWXoQ4l3kGeZfMyh2_XNDj0VRoCQ36dM1A0gj-9Jmx9uuyx2LKUuZJSyBPytGQcO3t8EycoAOv7GGzPMQRIkzqLfA-4TiJbGbCGbKH2fnlyOvjW=s0

    Tambah aktivitas atau sumber

    QNj3Yz68eOVE643PUyW_0K7NAxJUepIYUT1Tst8rmQq8ajM0nHkL6zZsy_h4RK9x1fOBI91QysICvLhx7Mh4ddowGTqfMCnT6vV0eV_n-xPt5LHqMtRKz2kfKTpru5S2-nhVJku3=s0

    Pilih Alat Eksternal
    u218EZRU84JeZQ-03NEcp9xqo4h_uoAOyudc9jsdeL4cT16U8G69X5QtR3I5uA-p6aItOBAVMRjqD1YhO3miL-tekefYHJh1ZbPjMpADqm290PaM_zW6NejucMqZ36fdMg1Jr_nE=s0


    Masukan judul pada nama aktifitas

    bJVEs-tsKX29axp-TZwPOvb759TgJZcJUNlnc21kEIcNg15VGzeo2VW3EnpMHjZmePsSyiiwTHivHzd2kUw72uwco4BE3YoeBonLXsk6qUTCBsOpHjRaUnzICFuwNtt3Gknouggn=s0


    Pada alat yang telah dikonfigurasi sebelumnya, pilih assignment yg telah request pada admin 


    mAtVSbWfVPqS_eWsrllVwM8MX1AoqDmwSloCJP2cUN7CAj7jHz5fMCnZ7Qnbt1Gkx5l5YVmhueQ6_G3eXt4RA7XNSc1GRKUjSYYg0eVpDTgRXqnplh02XHkLEJ3vtOSfyg6mJI4b=s0

    Pilih save jika sudah selesai
    B2Ci6QKRwVkV11UeplyDJGSWTmF6siz9MM61hdSG6AAeti0iaE7duE_8c8bVkxyBruY7DbxpfllcTnY3ZDGEYMmwwnFpjuA_Le8pxn5gCNB14vavDy7pj5xxTQYPZ6hVgwTohFvU=s0


    Jika sudah muncul bisa langsung klik dan di edit halaman dari alat eksternalnya

    TB3-v6kqz2qyBXZnellyHXDKn0LN6SSrrnQryjGx65APn2j9VVyNxD604bsbZrrik6AjT_Q1gzv4SRWPxWfyHTfgiFpNczD4OR7OZENENSVUVuw4qpW_La5J5i2bVy_70RcIyDdv=s0


    Halamn bisa langsung digunakan

    2iVaSgEoRHmhqWreKHTLmt3e3uaE0NjOab2TqgMau1ShLZzt79wBcuKAIyiFVodyEGSD2dEfV7BKpOGn1xMXPDI1sLjJPr1MuPa0ZjyJPou6kbcE2PhJUXgQ9zJGxeMmcC5ID6Zw=s0



    41. Penerapan fitur custom certificate pada iDu 2.0

    Penjelasan

    Hidupkan Mode Ubah
    2pCdEAvY1kvkQishi_d6mR__mSWXoQ4l3kGeZfMyh2_XNDj0VRoCQ36dM1A0gj-9Jmx9uuyx2LKUuZJSyBPytGQcO3t8EycoAOv7GGzPMQRIkzqLfA-4TiJbGbCGbKH2fnlyOvjW=s0

    Tambah aktivitas atau sumber


    QNj3Yz68eOVE643PUyW_0K7NAxJUepIYUT1Tst8rmQq8ajM0nHkL6zZsy_h4RK9x1fOBI91QysICvLhx7Mh4ddowGTqfMCnT6vV0eV_n-xPt5LHqMtRKz2kfKTpru5S2-nhVJku3=s0


    Pilih custom certificate
    u218EZRU84JeZQ-03NEcp9xqo4h_uoAOyudc9jsdeL4cT16U8G69X5QtR3I5uA-p6aItOBAVMRjqD1YhO3miL-tekefYHJh1ZbPjMpADqm290PaM_zW6NejucMqZ36fdMg1Jr_nE=s0


    Bisa langsung melengkapi data data yang ada disini, setelah selesai bisa langsung disimpan
    D44PIXnVQ1waCm0bO4pNJaoxXKFYFZIJZosh2QPcyukKPg0bsKAplaSxjcYce2mN3NgoYhXcOqbIrZzGkKweh0X57o6RxBK1kne6A8q8kIMEchMjX8sZ7j-M9DMPw_R8OQs2DI95=s0


    Jika sudah berhasil disimpan, bisa langsung diedit pada halam serifikat yang telah di buat

    RhhWm0kmdo1q-CLtob_Nt97CcX-9UeihWPJxkxXVD5LCg1JD4lc1FEzQtKFtIXOjNpZ0YPpxj_yz33jL7nKF4ly1KpOA3OH_-xPHa2PC8KVAQdj6leY-_TICV9NNiHGibcKa5q1Y=s0


    K_0b68wp4Vsc_0yOnJwnbp3EtY2pA1e9vxa5bgwiyWmgcu2AyU2uCDZaVkWFiYz9UKTf3YhRfQXOxgQbULQ5I8AttQPTGd537bck_Sy3hwJVBiR4dQJuduMgIxSUQzcFmxUL92gg=s0



    42. Penerapan fiture tugas turnitin pada iDu 2.O

    Penjelasan

    Hidupkan Mode Ubah

    2pCdEAvY1kvkQishi_d6mR__mSWXoQ4l3kGeZfMyh2_XNDj0VRoCQ36dM1A0gj-9Jmx9uuyx2LKUuZJSyBPytGQcO3t8EycoAOv7GGzPMQRIkzqLfA-4TiJbGbCGbKH2fnlyOvjW=s0

    Tambah aktivitas atau sumber


    QNj3Yz68eOVE643PUyW_0K7NAxJUepIYUT1Tst8rmQq8ajM0nHkL6zZsy_h4RK9x1fOBI91QysICvLhx7Mh4ddowGTqfMCnT6vV0eV_n-xPt5LHqMtRKz2kfKTpru5S2-nhVJku3=s0

    Pilih Turnitin Assigment Turnitin 2

    Lf0qaIJBGCHqb4wvkk15jITnEWcD-oGgJb9M5wJxtqnVmc-gb2FJ4e0g3b9Oweq1jtNXyk2dWQzb-Q6JpZ88qClSy5QbbBidX3wHU0ZQDBHkNQvjf4W5RVSdsm81iM2l37FU0OKv=s0


    Masukan judul dan isi sesuai dengan materi matakuliah anda

    CO6t7wgxdeTT_bfRXyz8D3PXyR9kEKQPxlWmcl5KehZJO8fxSJZZaVVofvwYx7vJ33b2lq88IWnUu4CRWyxsVwaaDLSjAJSmhp7yNnM1dUI02x2-3D9_tyQwv0DUOhlxL2BBNN4r=s0


    Kalian bisa mensetting sesuai peraturan yg anda inginkan

    Zvs07G8ge4LJdV1VA_LzzTFcIi5j7QEUqjfCOFIEJvSRGnfH_Dkyqu3XYx87rJ8M0g0Y5j0R0izotkftSrldDV2QLgHwMnwm7m0Q1Cgk7izNhXl45ODJjS-Lmvt5K1sXdWHI6Jmn=s0




    Jika sudah selesai setting, bisa langsung di save

    tVwZ5VGUrZdh6CoOIYxFvvNg_wLB1EfbIifHeft_Hg73jpkNH_YYATerwiv_7EFPSIJMEFKfxQohhEtPly_pqayA5xrziinCvkxlsgKOmm4QLl_Bj7NOIqJXPBI7GId_jtvn6pf0=s0


    Jika sudah berhasil disimpan maka akan tampil fiture turnitin nya, dan bisa langsung gunakan.
    b2YA67zclSJt6o6uCB5d_7fsueTDTEp1d9wOK91TSLDTZ3FgrRb6NBjEMkPnnWUGGq2-sZjnIWes0bPUXcnCpkwB3MVLmCuCQ44xUz55zsieEXTdxTrj-KxmJk5-YGqKNiYTp4pP=s0


    20CN2BzEvxYLbbiJTBTWI8fi9JLl5ACvQXHLDYXSadPsL9kCWvRpe_82s-JO1eXByQ0-M11MvbdODphHuMtRBHrX5oBAQVZqlCeCRajjhUp4KEckiLqp80Rlnmn3xmxwp3txTFTy=s0



    43. Menambahkan fitur share button

    Penjelasan

    Masukan codingan html dibawah ini kedalam deskripsi mata kuliah atau pertemuan dan aktivitas yang diinginkan

    <html>

    <head>

    <title>iDu 2.0</title>

    <script type="text/javascript" src="https://platform-api.sharethis.com/js/sharethis.js#property=6162db8eea6eca00151d8cf9&product=inline-share-buttons" async="async"></script>

    </head>


    <div class="sharethis-inline-share-buttons"></div>

    </html>




    Pengumuman
    Bantuan

    iDu

    iDu

    • Home

    iDu 2.0

    • Tentang
    • Kelas iDu 2.0
    • FAQ
    • Blog

    Layanan

    • Universitas Raharja
    • Alphabet Incubator
    • Portal Raharja
    • WIDURI
    • RME+

    Lokasi Universitas Raharja

    • Kota Tangerang, Banten

    • Jenderal Sudirman No. 40 Cikokol, Tangerang 15117

    Cari lewat Google Maps juga bisa kok :)

    • Universitas Raharja
    iDuEverything Made With ❤️ by Alphabet Incubator.